MANAJEMEN Limbah

Go Green! Go Green!

Pengertian Limbah
Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik(rumah tangga), yang lebih dikenal sebagai sampah, yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

Limbah Padat
Limbah padat adalah hasil buangan industri yang berupa padatan, lumpur atau bubur yang berasal dari suatu proses pengolahan. Limbah padat berasal dari kegiatan industri dan domestik. Limbah domestic pada umumnya berbentuk limbah padat rumah tangga, limbah padat kegiatan perdagangan, perkantoran, peternakan, pertanian serta dari tempat-tempat umum.
Jenis-jenis limbah padat
1. Kertas
2. Kayu
3. Kain
4. Karet/kulit tiruan
5. Plastik
6. Metal,gelas/kaca
7. Organik
8. Bakteri
9. Kulit telur
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Limbah

Pengelolaan Limbah Rumah Tangga
Limbah padat yang dihasilkan dari rumah tangga seperti bekas kotak susu pasteurisasi atau UHT, kotak atau wadah aneka juice dan lain sebagainya jika di kelola dengan baik atau dengan kata lain di daur ulang sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekomonis sehingga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Manfaat Daur Ulang Limbah atau Sampah Bekas Kotak Susu
Limbah atau sampah bekas kotak susu dapat di daur ulang menjadi kotak serbaguna dan celengan unik yang memiliki nilai jual atau nilai ekonomis. Dengan memproduksi sampah-sampah bekas kotak susu tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat atau warga setempat. Dan dibutuhkan tekhnik atau strategi marketing untuk membantu memasarkan produk-produk hasil daur ulang tersebut. Hal ini selayaknya mendapat support dan perhatian khusus pengusaha-pengusaha atau perusahaan-perusahaan yang memiliki keterkaitan dengan produk tersebut. Karena kegiatan ini juga dapat turut serta membantu perusahaan dalam kegiatan Corporate Social Responsibilities (CSR) dan meningkatkan citra yang baik bagi perusahaan di mata para konsumen khususnya dan khalayak pada umumnya.

Corporate Social Responsibilities (CSR)
Kegiatan-kegiatan social yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat luas dan lingkungan. Program CSR yang dilakukan oleh suatu perusahan dalam memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap publiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>